Friday, May 22, 2009

Mengenalkan Pola Hidup Sehat pada Anak

SEHAT adalah sebuah hasil yang memerlukan proses atau usaha. Memahami arti pentingnya kesehatan diri harus dimulai sejak dini, agar hasil itu bisa dirasakan di kemudian hari.
Pelajaran yang tak boleh terlewatkan bagi para orangtua salah satunya mengajari anak sejak dini akan arti pentingnya kesehatan. Anak sehat menjadi cerminan keluarga yang juga sehat.
Gaya hidup orangtua akan memberi pengaruh besar pada gaya hidup yang akan diterapkan anak di sepanjang hidup mereka. Jika Anda sebagai orangtua menerapkan gaya hidup sehat, anak pun akan terbiasa dan ikut menjalankan pola hidup sehat sehingga tidak rentan dengan serangan penyakit.
Seperti dikutip dari SheKnows, sebagai orangtua Anda dapat menerapkan pola hidup sehat di tengah keluarga dengan beberapa cara berikut:
Menjadi panutan
Orangtua merupakan panutan bagi anak-anak. Jika Anda memberi contoh gaya hidup sehat, anak tak akan kesulitan untuk mencari contoh ideal bergaya hidup sehat. Contoh kasus, Anda dapat menunjukkannya contoh jenis makanan yang layak dan baik untuk dikonsumsi. Berikan penjelasan kepada anak-anak mengenai bahaya terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji bagi kesehatan tubuh. Apalagi kini, anak-anak diserbu dengan banyaknya iklan makanan cepat saji yang terlihat menggiurkan.
Sarapan bersama
Mengalokasikan waktu untuk menikmati sarapan bersama seluruh anggota keluarga tentu akan menambah kehangatan keluarga. Kebersamaan lewat sarapan bersama tidak hanya akan membuat tubuh sehat, tapi juga membangun komunikasi yang lebih akrab selama waktu sarapan berjalan.
Olahraga
Kebersamaan dengan keluarga dapat diciptakan lewat kegiatan olahraga atau latihan fisik bersama keluarga. Tak perlu olahraga yang formal, seperti sepak bola. Anda bisa memilih out bond di suatu arena permainan yang menantang. Kegiatan yang menguras keringat ini tentu terasa makin menyenangkan jika dilalui dengan kegiatan outdoor. Dengan olahraga ataupun latihan fisik, tubuh akan bugar, jiwa sportif, dan mental yang kuat anggota keluarga juga akan terbangun.

No comments: