Sunday, April 26, 2009

fitur pencarian dgn suara for bb

Fitur yang dulunya dimiliki secara ekslusif oleh Apple untuk produk iPhone, kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Blackberry.
Fitur ini bernama Voice Search, sebuah layanan yang bisa mengenali suara Anda dan memberikan apa yang Anda butuhkan.
Dengan Voice Search, pengguna tak perlu repot mengetikkan kata kunci di keypad handset-nya, bila ingin mencari informasi via mobile browser. Cukup dengan suara saja.
Berita gembira bagi para pengguna Blackberry ini datang dari Google. Pasalnya, Google yang kini juga menghadirkan layanan Voice Search, membesut fitur tersebut bukan hanya untuk iPhone dan iPod touch, namun juga untuk BlackBerry.
Secara teknis, layanan Voice Search yang dikonversikan ke dalam bentuk digital ini kemudian dikirimkan ke server Google. Teknologi pengenalan suara di dalamnya, kemudian mengubahnya ke pencarian klasik layaknya pertanyaan biasa.
Kini para pemakai Blackberry bisa ikut menikmati kemudahan layanan yang sebelumnya dimiliki eksklusif oleh Appple dengan mengunjungi situs mobile milik google lewat browser mereka.
detikINET kutip dari TGDaily, Sabtu (28/3/2009), pengguna BlackBerry bisa menikmati fitur pencarian lewat suara ini asalkan handset besutan Research in Motion ini sudah menggunakan sistim operasi versi 4.1 ke atas.

No comments: